fbpx

19
Apr

PUASA TETAP JALANI DIET ?? GAMASALAH..

Siapa ni yang masih menjalani Program Diet saat Bulan Puasa? Eitss tapi yang katanya puasa untuk menahan hawa nafsu dan untuk ibadah serta sambil menjalankan program diet kenyataannya saat Berbuka Puasa malah semua dimakan tanpa kontrol hehe Btw yang kaya gini nih yang bikin diet kamu gagal 😀 puasa hanya untuk mengumpulkan Nafsu makan dan balas dendam…. alias HAJAR MAKAN TEROZZZ

Nah kebanyakan orang saat menjalani bulan Ramadhan hanya berfokus ke kebersihan rohaninya saja dan kebersihan jasmaninya dicuekin. Merawat diri supaya jauh lebih sehat dan supaya bersih luar dan dalam adalah salah satu upaya yang juga sejalan dengan ajaran agama… yukk Bulan Ramadhan kali ini kita ubah pola makannya supaya kita lebih kuat, lebih berstamina, lebih sehat dan siapa tau di akhir bulan Ramadhan nanti #SobatAshik badannya lebih langsing sebagai bonusnya yaa… Miki mau share Tips Diet Saat Berpuasa

1.Tetap Sahur

Walaupun lagi menjalankan program Diet, kalian #SobatAshik harus tetap Makan Sahur ya karena Sahur merupakan bagian Penting dari Puasa . Dengan Memilih makan makanan sehat Saat sahur yang bertujuan untuk mempertahankan energi #SobatAshik sepanjang hari . Makanan apa yang baik dikonsumsi saat Sahur :

  • biji-bijian , roti gandum , beras merah , shirataki dan Outmeal
  • Buah dan Sayuran
  • Sumber Protein : Susu , Yogurt, Telur kacang kacangan

2. Berbuka Puasa

Siapa yang tidak Tahu slogan saat Ramadhan tiba .. yaitu “Berbuka dengan yang Manis” … eits tapi saat berbuka puasa Miki sarankan untuk Mium air putih terlebih dahulu yaa 😀

Minum air Putih yang dianjurkan minimal 250ml – 500ml sebelum makan saat Buka Puasa , dan saat bangun Tidur Hendak Sahur jangan Minum Minuman Yang mengandung gula dulu ya ,, kenapa air putih ? karena saat perut kosong air lebih cepat diserap. Kalo langsung makan gimana ga minum dulu ? nah ini yang akan bikin nafsu makan kita menjadi lebih ebay rakus pengen makan segalanya sehingga kita makan tidak bisa dikontrol  . Kalo Minum saat makan?? Jika kita mengkonsumsi air dalam jumlah banyak dibarengi dengan makan maka akan menghambat asam lambung dalam mengurai makanan kita di dalam perut ,

3. Menghindari Makanan atau minuman manis

Makanan dan Minuman Manis memang untuk menambah energi yang hilang setelah seharian puasa , akan tetapi makan dan minuman manis secara berlebihan justru dapat mengacaukan diet #SobatAshik lho karena biasanya makan dan minuman manis tidak mengurangi rasa lapar , malah membuat #SobatAshik makin ingin mengkonsumsinya. Untuk solusinya Miki sarankan #SobatAshik  mengkonsumsi buah kurma karena , kurma merupakan sumber gula yang baik dan kaya akan nutrisi atau Ashitaki Creamy latte karena Ashitaki Craeamy latte tidak mengandung gula dan kaorinya hanya 15-20kcal / serving .

4. Menghindari makan makanan yang berminyak

Hayoo disini siapa yang kebiasaan saat buka puasa beli nya gorengan? hehehe memang pada dasarnya makanan yang berminyak ini sangat menggiurkan akan tetapi tu tidak disarankan ya #SobatAshik untuk kamu yang sedang menjalankan program Diet. Karena makanan berminyak banyak mengandung lemak terutama lemak jenuh yang bisa mengakibatkan peningkatan berat badan dan juga bisa memicu kolestrerol .

5. Jangan Makan berlebihan

Inget saat Buka puasa itu bukan ajang “balas dendam” karena sudah menahan lapar seharian . so kalian harus tetap mengatur porsi makanananya agar puasa dan diet kalian berjalan dengan lancar.

6. Perbanyak Minum air putih

Pastikan #SobatAshik minum 8 gelas perhari ya . bisa menggunakan rumus 2-4-2 yakni 2 gelas saat sahur , 4 gelas saatberbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari . karena menurut Study dalam journal of clinical Endocrinology and metabolism menyatakan bahwa minum air putih bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh 30%.

7. Tetap Berolahraga

Siapa bilang saat sedang puasa kita tidak bisa olahraga ? nah kali ini Miki sarankan saat sedang puasa dan sedang menjalankan program diet #SobatAshik bisa melakukan beberapa olahraga ringan antara lain: Yoga ,Tai Chi, Sit Up atau Push Up dan Jalan santai.

8. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu Tips Saat Diet ,, tidak hanya saat berpuasa ya namun juga saat di hari biasa . karena ketika anda kurang tidur atau sering begadang kadar hormon ghrelin dalam tubuh akan meningkat sehingga pada saat kondisi tersebut akan menyebabkan nafsu makan bertambah .

Sudah Miki kasih Tips nya jangan lupa #SobatAshik jalanin ya agar Puasa nya lancar dan Dietnya menghasilkan 🙂

Leave a Reply

WhatsApp chat