fbpx

ashitaki
23
Feb

SERAT PANGAN : PENTING UNTUK DIET SEHAT

“Jangan lupa, jika makan harus ada seratnya ya….”
Sering ga sih kita mendengarkan kata-kata seperti itu? Sebenarnya apa sih serat pangan dan kenapa kita harus banyak makan serat?

Serat pangan (dietary fiber) merupakan jenis serat yang bisa didapatkan dari makanan. Serat pangan berbeda dengan serat fungsional yang umumnya diperoleh melalui suplemen atau makanan yang difortifikasi.

Serat pangan sebenarnya merupakan salah satu jenis karbohidrat, yang khas adalah serat pangan berasal dari tumbuhan dan tidak dapat di cerna oleh usus halus. Jadi serat pangan berbeda dengan jenis karbohidrat  lain seperti nasi atau kentang yang dapat di pecah-pecah menjadi gula dan di serap oleh usus. Serat pangan banyak ditemukan terutama dalam buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan. Serat pangan saat ini dikenal dengan kemampuannya dalam mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit. Namun sebenarnya masih banyak fungsi dari serat pangan yaitu menjaga berat badan maupun mengontrol gula darah pada pasien diabetes.

Serat pangan terdiri dari 2 tipe, yaitu :

1. Serat pangan larut dalam air

Jenis serat ini larut didalam air dan membentuk gel. Serat pangan inilah yang nantinya akan mengikat kolesterol sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Serat pangan yang larut didalam air juga akan membantu mengontrol gula darah dan membantu mengontrol berat badan. Contoh dari serat pangan larut dalam air adalah kacang-kacangan, wortel, apel, jeruk dan masih banyak lagi

2. Serat pangan tidak larut dalam air

Jenis serat ini mendorong pergerakan isi sistem pencernaan dan dapat meningkatkan massa tinja sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Aneka sayuran hijau, merupakan contoh dari serat ini.

Serat pangan sangat penting untuk tubuh kita apalagi jika kita sedang diet. Serat pangan akan membantu mengontrol berat badan dan melancarkan pencernaan. Walaupun makanan mengandung serat pangan yang tinggi sangat penting untuk kesehatan tubuh kita namun jika kita menambahkan serat pangan yang terlalu banyak secara tiba-tiba maka akan menyebabkan pengingkatan gas didalam saluran pencernaan sehingga bisa membuat kembung dan kram perut.

Lalu bagaimanakah caranya agar kita tetap bisa mengkonsumsi serat pangan dengan aman? Makanlah serat pangan dengan bertahap kenaikan porsinya selama beberapa minggu sehingga bakteri alami yang terdapat di dalam pencernaan dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada.

 # SobatAshik jangan lupa untuk minum air putih yang cukup yaaJ  karena serat pangan akan bekerja lebih baik jika cukup air di dalam tubuh kita.

Leave a Reply

WhatsApp chat