fbpx

ashitaki
15
Feb

NUTRISI YANG HILANG, JIKA MEMILIH VEGETARIAN ATAU VEGAN

Hai #SobatAshik!! untuk menjaga gaya hidup sebagai vegetarian atau memutuskan diet vegan pastinya menjadi salah satu hal yang berani bagi sebagian orang. dan tentunya ada banyak alasan yang membuat keputusan ini dipilih yaitu untuk meningkatkan kesehatan tubuh, menjaga lingkungan hingga menurunkan berat badan.

#SobatAshik secara khusus saat memilih hidup ala vegan atau bahkan diet sekalipun, tentunya akan beresiko kehilangan beberapa nutrisi. seperti lima nutrisi penting ini:

1. Riboflavin

Riboflavin atau vitamin B2 sangat penting dalam membantu mengubah makanan menjadi energi saat #SobatAshik kehilangan atau kekurangan dapat menyebabkan lemas pertumbuhan yang lambat hingga masalah pencernaan. Karena nutrisi ini sebagian besar di temukan dalam protein nabati seperti sayur hijau kacang-kacangan.

2. Asam Lemak Omega 3

Di antara banyak manfaat Omega 3 salah satu peran pentingnya adalah dalam fungsi menjaga dan menyehatkan otak dan mata, sifat anti-inflamasi dan kemampuan untuk membantu menurunkan kolesterol. Seperti yang #SobatAshik ketahui lemak omega 3 di dapat dari ikan khususnya ikan berlemak seperti salmon, tuna atau trout. Namun untuk #SobatAshik yang memilih vegan bisa mengkonsumsi nutrisi omega 3 dari biji chia kenari atau bahkan alga untuk meningkatkan asupan.

3. Vitamin B12

Benar bahwa mengurangi konsumsi daging merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan makan makanan vegetarian juga dapat menurunkan risiko diabetes tekanan darah tinggi dan bahkan kanker. Tetapi penelitian telah menunjukan bahwa vegetarian juga berisiko kekurangan nutrisi tertentu terutama jika tidak mendapatkan cukup vitamin B12.

Vitamin B12 penting dalam menjaga fungsi otak dalam mengotrol aliran darah ke seluruh tubuh kita. padahal suplemen penting ini mayoritas datang dari produk hewani. Itulah sebabnya #SobatAshik yang mengikuti gaya hidup vegetarian atau vegan akan kekurangan vitamin B12 yang berdampak pada jumlah sek darah merah yang rendah. Atau bahkan gejala lainnya adalah perasaan lelah, sembelit tidak ingin makan dan penurunan berat badan.

#SobatAshik tenang aja, untuk mendapatkan vitamin B12 yang cukup, #SobatAshik bisa coba makan ragi bergizi, sereal siap saji yang di perkaya, dan susu kedelai. Untuk #SobatAshik yang masih makan beberapa produk hewani bisa mengkonsumsi susu, telur, dan kerang.

4. Besi

Tubuh lebih menyerap zat besi dua hingga tiga kali lebih banyak sari sumber hewani dibandingkan sumber nabati.Untuk #SobatAshik yang akan mengalami kesulitan mendapatkan zat besi yang dibutuhkan. Padahal zat besi punya peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh darah untuk menjaga tingkat energi. Jika #SobatAshik kekurangan zat besi, maka akan merasakan kelelahan, pusing, sakit kepala, kulit pucat, lemas.

Namun #SobatAshik tidak perlu khawatir ternyata vitamin C yang dipandukan dengan sumber zat besi dapat membantu meningkatkan penyerapan. Jadi #SobatAshik bisa konsumsi makanan seperti kacang-kacangan bayam sereal untuk mendukung zat besi didalam tubuh.

5. Kalsium

#SobatAshik pasti tau bahwa kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat. Seiring waktu kalsium yang rendah dapat meningkatkan risiko tulang lamh dan osteoporosis. Namun sebagai vegan #SobatAshik bisa memilih alternatif seperti sayuran hijau, kacang-kacangan buah kering dan tahu. Selain itu, #SobatAshik bisa melakukan olahraga harian yang dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulangmu.

Nah, bagaimana #SobatAshik sudah tahu apa dampak dan solusinya kan? Dan sekarang Ashitaki hadir membantu mengatasi solusinya.  Karena Ashitaki mengandung ashitaba yang kaya akan nutrisi seperti yang dilansir japan FDA OS, yaitu dalam 100 gr ashitaba mengandung Vitamin A 21300 IU, Vitamin B1 1,15mg, Vitamin B2 1,97mg, Vitamin B6 1,11mg, Vitamin B12 0,04 ug, Vitamin C 330mg, Vitamin E 25,5mg, Biotin 28,1gr, Karoten Total 38,3mg, Asam Pantotenat 3,48mg, Protein 36,8mg, Mangan 216 mg, Kalsium 478 mg, Zat Besi 31,9 mg, Potasium 4,06 gr dan Sodium 365 mg.

  Jadi #SobatAshik yang memilih vegetarian atau diet vegan tidak perlu khawatir karena bisa makan enak tanpa kehilangan nutrisi. Semangat untuk pola hidup sehat #SobatAshik…

Leave a Reply

WhatsApp chat