fbpx

susu
08
Jun

MENGENALI JENIS SUSU DAN MANFAATNYA

Hai #SobatAshik, kalian pasti suka mengonsumsi susu kan? Tentunya #SobatAshik  pasti tahu, bahwa susu merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga berperan penting untuk anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, susu sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa.

Melansir dari Healthline, satu cangkir susu murni memiliki kandungan nutrisi, yaitu protein, lemak, kalium, magnesium, hingga vitamin A. Beberapa kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak heran jika para ahli selalu menyarankan untuk mengonsumsi susu secara rutin dan teratur.

Namun, tidak sedikit pula dari #SobatAshik yang tidak bisa mengonsumsi jenis susu protein tinggi yang berasal dari sumber hewani. Hal ini dikarenakan #SobatAshik dengan lifstyle vegan dan ketidakmampuan mengonsumsi serta mencerna kandungan laktosa pada susu.

Disamping itu, banyak sekali jenis susu yang bisa #SobatAshik jumpai dalam kehidupan sehari-hari diantaranya susu skim, susu full cream atau susu low fat. Berikut Miki kasih info jenis-jenis susu dan manfaatnya :

1.Susu Murni (whole milk)

Satu cangkir suus murni mengandung sekitar 150 kalori, 8 gram lemak. Dengan kandungan nutrisi ini #SobatAshik bisa merasa kenyang lebih lama. Sebuah riset pada 2016 yang dipublikasikan pada American Journal of Clinical Nutrion menemukan perempuan minum susu murni mengalami penambahan berat badan yang lebih sedikit dibandingkan mereka yang minum susu low fat.

2. Susu Rendah Lemak atau Susu Skim

Melansir dari Livestrong, Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan susu rendah lemak atau tanpa lemak sebagai minuman sehari-hari untuk #SobatAshik yang sedang menjalani program diet ketat. Asupan kalori dan protein tetap sama hanya kandungan lemaknya yang berbeda. Susu rendah lemak (reduced fat) mengandung 130 kalori 8 gram protein dan 5 gram lemak. Susu skim mengandung 100 kalori, 8 gram protein dan 2,5 gram lemak. Sedangkan susu tanpa lemak sama sekali tidak memiliki kandungan lemak tetapi masih mengandung kalori sebanyak 90 kalori dan 8 gram protein.

3. Susu Bebas Laktosa

Laktosa merupakan komponen gula pada susu. Tubuh memerlukan enzim laktosa untuk mencernanya. Saat jumlah laktosa tidak bisa memenuhi kebutuhan, maka laktosa akan mengendap dan berfermentasi di usus. Inilah penyebab timbulnya masalah pencernaan.

4. Susu  A2

Saat pencernaan tetap terganggu meski sudah minum susu tanpa laktosa, bisa jadi #SobatAshik sulit mencerna kandungan protein A1. Riset yang dipublikasikan pada 2012 di Indian Journal of Endocrinology and metabolism menyebut, susu punya kandunganprotein yang disebut kasein. Susu sapi memproduksi dua jenis protein sekaligus yakni A1 dan A2 . Riset tahun 2017 yang diterbitkan NutritionJournal  menemukan susu yang hanya mengandung protein A2 beresiko lebih sedikit untuk menimbulkan masalah pencernaan ketimbang susu dengan kandungan lengkap.

5. Susu Sapi Organik

Sebuah riset yang dipublikasikan dijurnal Food Science & Nutrion 2018 menyebut susu organik dari sapi yang diberi pakan rumput mengandung 147 persen omega 3 lebih tinggi ketimbang susu konvensional, dan 52 persen lebih tinggi dibandingkan susu organik biasa.

Gimana infonya?? semoga bermanfaat #SobatAshik jangan lupa untuk konsumsi susu sesuai dengan kebutuhan atau bisa juga konsumsi Ashitaki Creamy Latte dengan kandungan susu skim didalamnya.

Leave a Reply

WhatsApp chat