fbpx

21
Oct

Manfaat Mie Shirataki Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Jika kamu mengikuti tren makanan akhir-akhir ini, pasti kamu pernah mendengar tentang Mie Shirataki. Mie yang berasal dari Jepang ini dijuluki sebagai “mie ajaib” karena menawarkan segudang manfaat. Mie Shirataki sendiri dibuat dari tanaman konjak yang kaya akan glukomanan, sejenis serat yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan badan. Glukomanan juga terbukti dapat menurunkan berat badan.

Fakta Unik Mie Shirataki

Konjak sendiri adalah tanaman yang tumbuh di Jepang, Cina, dan Asia Tenggara. Tanaman ini mengandung sangat sedikit karbohidrat yang mudah dicerna, dan sebagian besar karbohidratnya berasal dari serat glukomanan.

“Shirataki” memiliki arti “air terjun putih” karena mendeskripsikan bentuk dari mie yang jernih seperti warna air terjun. Pembuatnya mencampurkan tepung glukomanan dengan air dan sedikit air jeruk nipis, yang menjadi kunci mempertahankan bentuk mie.

Fakta unik lainnya, Mie Shirataki mengandung banyak air, yaitu 97% air dan 3% serat glukomanan. Selain itu, mie ini juga sangat rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat yang dapat dicerna.

Manfaat Mie Shirataki

Dengan segudang nutrisi yang dimiliki oleh mie shirataki, tak ayal makan tersebut memberikan sederet manfaat bagi kesehatan. Mie shirataki juga dapat membantu kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan loh. Lalu, apa saja manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi mie shirataki?

Kalori Rendah yang Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Mie shirataki adalah makanan yang kaya serat sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Glukomanan adalah serat yang sangat tebal sehingga mampu menyerap air. Faktanya, glukomanan dapat menyerap hingga 50 kali berat dalam air. Makanan ini bergerak melalui sistem pencernaanmu dengan sangat lambat yang membantumu untuk merasa kenyang lebih lama dan menunda penyerapan nutrisi ke aliran darah.

Baik Untuk Pencernaan

Kamu tentunya sudah familiar dengan zat prebiotik. Zat ini berfungsi untuk memberi makan bakteri baik yang hidup di usus besar, atau dikenal dengan flora usus atau mikrobiota.Di usus besar, bakteri baik berfungsi untuk memfermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat melawan peradangan, meningkatkan fungsi kekebalan, dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Sebuah penelitian pada manusia baru-baru ini memperkirakan bahwa fermentasi glukomanan menjadi asam lemak rantai pendek menghasilkan satu kalori per gram serat. Karena mi shirataki 4 ons (113 gram) biasanya mengandung sekitar 1-3 gram glukomanan, pada dasarnya ini adalah makanan bebas kalori dan bebas karbohidrat.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Selain itu, memfermentasi serat menjadi asam lemak dapat merangsang pelepasan hormon usus yang meningkatkan perasaan kenyang. Terlebih lagi, mengonsumsi glukomanan sebelum mengonsumsi banyak karbohidrat tampaknya mengurangi kadar hormon kelaparan ghrelin. Tujuh penelitian menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi glukomanan selama 4-8 minggu kehilangan berat badan hingga 2 kilogram.

Karena penelitian ini menggunakan 2-4 gram glukomanan dalam bentuk tablet atau suplemen yang diminum dengan air, mie shirataki kemungkinan besar memiliki efek serupa. Meski demikian, belum ada penelitian yang tersedia secara khusus tentang mie shirataki.

Baik Untuk Penderita Diabetes

Tak hanya untuk kamu yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan tapi juga penderita diabetes. Mie shirataki dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Dengan serat glukomanan yang terkandung dalam mie, pencernaan makanan melambat dan mengontrol pelepasan glukosa. ini dapat mencegah kemungkinan lonjakan kadar glukosa darah. Serat glukomanan dalam mie Shirataki juga larut dalam air. Hal tersebut dapat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, terutama penting bagi penderita diabetes.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kita semua harus menyadari apa itu kolesterol dan kerusakan yang dapat ditimbulkannya ke pembuluh dara. Salah satu sumber kolesterol yang memasuki sistem kita adalah melalui makanan yang kita makan, yang dapat kita kendalikan.

Kolesterol yang terlalu banyak dapat menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini membuat aliran darah lebih keras dan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Jumlah kolesterol yang tinggi dapat menjadi faktor penting yang dapat menyebabkan masalah jantung.

Penting bagi kamu untuk membuat perubahan dalam pola makan untuk menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Sekali lagi, serat glukomanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung. Serat tampaknya memiliki beberapa efek menguntungkan pada kolesterol total. Ini termasuk trigliserida, kolesterol LDL.

Nah, itulah sederet fakta menarik dan juga manfaat dari mie Shirataki. Perlu kamu ketahui, bahwa untuk melakukan program diet atau pun menjaga kesehatan kita tidak boleh fokus dalam satu jenis makanan saja. Tetap konsumsi makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan dan sayur. Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih yang rutin sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh tetap terjaga.

Leave a Reply

WhatsApp chat