fbpx

Ashitaki
06
Nov

Karbohidrat Kompleks untuk Dietku

Hi Sobat Ashik! Kali ini kita akan membahas tentang karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu komponen makronutrien Β artinya nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak. Makronutrien lainnya adalah protein dan lemak. Sedangkan yang termasuk ke dalam komponen mikronutrien (nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit) adalah vitamin dan mineral. Karbohidrat masih dibagi lagi menjadi karbohidrat sederhana (gula) dan kompleks (pati dan serat).

Untuk #SobatAshik yang mau diet atau yang sedang belajar untuk gaya hidup sehat (healthy lifestyle), disarankan untuk memilih karbohidrat kompleks. Hal ini dikarenakan karbohidrat kompleks memiliki kandungan gula rendah, tinggi serat dan nilai indeks glikemik (IG) rendah.

Sebagai orang Indonesia, saat menyebut kata karbohidrat kita pasti langsung teringat dengan nasi, namun saat ini banyak orang juga memilih mi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Selain sebagai variasi sumber karbohidrat, cara penyajiannya juga lebih praktis. Mi instan di pasaran umumnya memiliki berat 60-90 gram dan mengandung nilai kalori berkisar antara 300-400 kkal, biasanya ada tambahan beberapa vitamin dan mineral. Namun kandungan mi yang berbahan dasar tepung cenderung rendah serat, dan memiliki kalori yang tinggi. Oleh karena itu, Ashitaki hadir yang memiliki kandungan serat yang tinggi dan kalori dibawah 100 kkal. Untuk Ashitaki Mi Goreng Original 90 kkal, Mi Goreng Ala Jepang 80 kkal, dan Mi Rebus Soto hanya 40 kkal.

Kalori mi Ashitaki tergolong rendah karena tidak terbuat dari tepung gandum, melainkan umbi porang atau lebih dikenal dengan konjac. Umbi ini tinggi akan serat yang dikenal sebagai konjac glucomannans (KGM) dan bersifat larut air. Serat ini mempunyai manfaat yang bagus untuk kesehatan salah satunya menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Umbi porang ini yang membuat mi Ashitaki memiliki kandungan rendah kalori, tinggi serat dan teksturnya kenyal. Selain itu Ashitaki juga diperkaya dengan ekstrak Ashitaba (seledri jepang), kandungan Ashitaba ini yang membuat mi Ashitaki berwarna hijau natural. Ashitaba memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, biasa disebut dengan chalcones yang termasuk ke dalam jenis flavonoid.

**Indeks Glikemik adalah angka yang digunakan untuk mengukur potensi peningkatan gula darah dari makanan.

Nah untuk penjelasan lebih lanjut tentang mi dan karbohidrat lainnya, yuk kita tonton langsung video berikut ini

Leave a Reply

WhatsApp chat