fbpx

ashitaki
01
Feb

DIET TINGGI SERAT, DIET AMPUH MENURUNKAN BERAT BADAN

#SobatAshik tau ga, Saat ini sudah ada berbagai macam jenis diet untuk menurunkan berat badan. Salah satu diet yang dipercaya ampuh menurunkan berat badan dengan cepat yaitu diet tinggi serat. Lalu seberapa efektifkah diet jenis ini dan bagaimana cara kerjanya? Untuk menjawabnya, yuk kita kenali dahulu apa itu serat dan perannya bagi tubuh.

Sebenernya apa sih serat itu?

Serat ialah karbohidrat kompleks yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Tidak seperti protein, lemak, atau karbohidrat biasa yang dapat dipecah oleh organ tubuh, serat tidak mengalami pemecahan tersebut. Karena itu, serat justru akan menggelontor dan melancarkan sistem percernaan dengan mudah tanpa menyebabkan kenaikan kadar gula darah loh.

Nah, pada dasarnya serat membantu mengurangi berat badan dengan cara membuat kita merasa kenyang tanpa memakan banyak kalori. Serat merangsang reseptor yang memberi tahu otak bahwa sudah waktunya berhenti makan.

Dalam hal ini serat tidak bekerja sendirian, serat butuh asupan air yang cukup supaya bisa bergerak melalui sistem pencernaan. Selain itu, mengonsumsi air sebanyak delapan gelas per hari juga membantu melawan rasa lapar. Selain mengendalikan rasa haus, air juga dapat memberikan perasaan kenyang. Hal yang perlu diingat ni #SobatAshik, jika Anda berencana untuk melakukan diet tinggi serat, lakukan secara bertahap. Hal ini dimaksudkan agar tubuh mampu menyesuaikan diri.

Dalam diet tinggi serat, #SobatAshik harus mengonsumsi makanan tinggi serat sesuai dengan ketentuan. Wanita di bawah 50 tahun harus mengonsumsi paling tidak 25 gram serat per harinya. Sedangkan pria butuh lebih banyak serat, yaitu sekitar 38 gram setiap hari.

BTW, Ada beberapa keuntungan lain dari diet tinggi serat loh #SobatAshik di antaranya:

1. Membantu menjaga kesehatan usus

Serat yang terkandung dalam makanan meningkatkan berat dan ukuran feses serta melembutkannya. Serat akan membantu memadatkan feses loh #SobatAshik karena serat menyerap banyak air. Selain itu, diet tinggi serat menurunkan risiko terjadinya wasir dan penyakit di usus besar.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Serat yang ditemukan dalam kacang-kacangan serta gandum membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Studi juga telah menunjukkan bahwa makanan berserat tinggi bermanfaat untuk kesehatan jantung lainnya, seperti mengurangi tekanan darah dan pembengkakan jantung.

3. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Serat larut dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan memperbaiki kadar gula dalam darah. Diet sehat yang mencakup serat yang tidak larut juga dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 (kencing manis).

Nah #SobatAshik sekarang kalian tau kan betapa bermanfatnya serat untuk tubuh, apalagi sangat membantu sekali untuk menurunkan berat badan. #SobatAshik perlu tau juga semua produk Ashitaki mengandung tinggi serat dan yang pastinya low calorie dan enak.

Leave a Reply

WhatsApp chat